blog pai poenja

SITH ITB

Pada abad ke-21 ini, keahlian dalam bidang ilmu-ilmu hayati (life sciences) akan memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan kehayatan (biosains), bioteknologi, dan pengelolaan sumber daya alam. Bahkan bioteknologi diperkirakan akan menjadi salah satu ilmu terapan (applied sciences) yang terpenting. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB yang didirikan pada Januari 2006, mengelola enam program studi pada tingkat S1, S2 dan S3 yang memberikan pendidikan multidisiplin untuk menghasilkan lulusan dalam ilmu dan teknologi hayati yang siap dan berani menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompetitif.

Lulusan SITH akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dalam pasar kerja, dan memiliki kesempatan yang luas untuk berkarir dalam berbagai bidang di lembaga pemerintahan, swasta/industri, kewirausahaan dan yang lainnya. Staf akademik SITH (95% berkualifikasi doktor), dengan didukung fasilitas terkini, aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian yang didanai hibah kompetitif dari dalam dan luar negeri sejalan dengan agenda riset keempat kelompok keilmuan (KK) SITH, yaitu: (1) Ekologi dan Biosistematik, (2) Fisiologi, Biologi Perkembangan dan Biomedika, (3) Mikrobiologi, Genetika dan Biologi Molekuler, dan (4) Sains dan Bioteknologi Tumbuhan.

Visi

Menjadi suatu institusi yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu dan teknologi hayati tropika yang diakui ditingkat internasional

Misi

  1. Mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas terbaik dalam ruang lingkup ilmu dan teknologi hayati
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul, adaptif dan profesional yang mampu berkompetisi secara global
  3. Mengembangkan sains dan teknologi hayati tropika Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan manusia
  4. Mengembangkan kemampuan discovery, invention, inovation dan transfer of technology yang berbasis ilmu pengetahuan hayati untuk memenuhi kebutuhan akan pangan, energi, lingkungan dan kesehatan

Sasaran

  1. Mengembangkan pengetahuan tentang dasar-dasar biologi strategik dan non strategik.
  2. Memberikan pemahaman tentang proses dan metode penyelidikan ilmiah, serta kemampuan untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan dan teknologi kehayatan.
  3. Mempunyai wawasan luas sehingga tanggap dan mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan IPTEK.
  4. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk memiliki sikap tanggungjawab dalam menghadapi masalah ilmu pengetahuan dan teknologi kehayatan.
  5. Berupaya untuk memenuhi kebutuhan perorangan mahasiswa memberikan informasi kepada mahasiswa tentang lapangan kerja/karir dalam sains.

    Fasilitas

    1. Studio Komputer dan Hotspot Online 24 Jam

    Studio komputer dilengkapi dengan fasilitas server dan memiliki 20 set komputer yang tersambung dengan LAN-internet dan juga Hotspot online disemua lantai. Selain itu tersedia scanner, laser printer dan berbagai jenis piranti lunak. Fasilitas tersebut sangat esensial untuk penunjang proses belajar dan penelitian seperti mencari literatur melalui berbagai situs internasional dan nasional, mengikuti kuliah online, mengolah dan menganalisis data penelitian, serta untuk menulis laporan dan thesis.

    labkomp.JPG 2. Laboratorium Identifikasi dan Determinasi

    Laboratorium ini menyediakan sarana untuk pemisahan sampel dari lapangan, baik dari ekosistem terestrial ataupun akuatik serta indentifikasi dan determinasi biota. Selain sebagai fasilatas identifikasi dan determinasi biota untuk kepentingan pendidikan, laboratorium ini juga memberikan layanan bagi pihak luar yang memerlukan jasa identifikasi dan determinasi biota. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut:http://www.sith.itb.ac.id/herbarium/herbarium.jpg

    3.Perpustakaan

    Perpustakaan Departemen Biologi memiliki sekitar 6000 judul pustaka dalam bentuk : buku teks, jurnal, majalah, skripsi S1, laporan kerja praktek S1, thesis S2, disertasi S3, transparansi dan CD-ROM. Selain dilengkapi dengan fasilitas ruang baca dan lemari katalog, perpustakaan juga dilengkapi dengan komputer yang tersambung ke LAN-internet serta perangkat audio untuk belajar bahasa inggris. Bisa membuka situs Gigital Library di http://digilib.sith.itb.ac.id dan di Pemesanan Buku online di http://library.sith.itb.ac.id

    perpustakaan.jpg
    4. Laboratorium Analisis Ekosistem Akuatik

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk penelitian-penelitian pada ekosistem akuatik. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika-kimia perairan, alat untuk mengambil sampel biota perairan dan sarana kerja yang terkait dengan analisis ekosistem akuatik.analisis-ekosistem-akuatik.jpg

    5. Laboratorium Analisis Ekosistem Terestrial

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk penelitian-penelitian pada ekosistem akuatik. Perangkat tersebut meliputi berbagai alat ukur faktor lingkungan fisika-kimia di ekosistem terestrial, alat untuk mengambil sampel biota (tumbuhan dan hewan), alat penunjang lainnya diantaranya peta, GPS, komputer serta sarana kerja yang terkait dengan analisis ekosistem terestrial.

    ekosistem-terestrial.jpg

    6. Laboratorium Laboratorium Uji Toksisitas

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk uji toksisitas, seperti Tin Layer Chromatography, Water Bath, Biotron, Environmental Chamber, Mikroskop. Selain kegiatan pendidikan dan penelitian di laboratorium ini juga melayani jasa uji toksisitas bagi pihak yang memerlukan.

    uji-toksisitas.JPG

    7. Laboratorium Analisis Sitogenetika

    Laboratorium dilengkapi dengan fasilitas yang berhubungan dengan kegiatan analisa sitogentika.

    sitogenesis.jpg

    8. Laboratorium Analisis Genetika Molekuler

    Sesuai dengan namanya, laboratorium ini difasilitasi dengan perangkat analisis genetika molekuler. Di laboratorium ini dilakukan penelitian dan pendidikan yang berhubungan dengan rekayasa genetika, penanda genetika, analisis phylogenetik pada mikroba, tanaman dan hewan. Selain itu di laboratorium ini dipelihara sejumlah strain lalat buah (Drosophila) yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian baik pada tingkat universitas maupun institusi pendidikan lainnya yang memerlukan.

    analisis_genetika.jpg analisis-genetika.jpg

    9. Laboratorium Uji hayati serangga

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan uji hayati serangga seperti : Condition Chamber, Microtome, Stereo Microscope, Optical Fiber, Incubator, Monocular Microscope, Gas Cromatograph, Sieve Shaker. Uji hayati tersebut meliputi serangga berguna dan serangga pengganggu.

    uji-hayati-serangga.JPG

    10. Laboratorium Analisis Biomedis

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk analisis biomedis seperti: Biofuge 15, Centrifuge , Rotavapor R124, Vacuum Pump, Hot Plate, HPLC, Chart Speed Recorder, Spectrophotometer, El. Cardio Graph, Blood Analyzer, D.O. Meter, Stimulator, Tele Thermometer, Colony Counter, Spirometer, Hb-Meter, Electromagnetic Blood Flow Meter, Electronic Manometer Stand, OHP, Water Bath, Vacuum Pump, Recticorder.

    lab-biomedis.JPG lab-biomedis1.JPG

    11. Laboratorium Analisis Perilaku

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk perilaku hewan baik dari kelompok vertebrata maupun dari kelompok invertebrata. Laboratorium ini difasilitasi dengan berbagai perangkat diantaranya Kymograph, Student Stimulator, Chart Recorder.

    analisis-perilaku-1.jpg

    12.Laboratorium Analisis Struktur & Perkembangan (1 & 2)

    Laboratorium ini difasilitasi peralatan yang menunjang penelitian di bidang biologi perkembangan baik hewan dan tumbuhan, dari tingkat organ, jaringan, sel hingga molekul. Laboratorium ini juga dapat memberikan pelayanan yang memerlukan preparat awetan baik tumbuhan maupun hewan, elektroforesis 1D dan 2D dan uji toksisitas.

    analisis-perilaku-2.jpg

    13.Laboratorium Analisis Fitokimia

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan analisis fitokimia seperti : Alat Steril, Antifog Refrigator , Autoclave, Centrifuge, Computer & Meja, Filling Cabinet, Freeze Dryer, Incubator, Kompor Listrik, Kruk, Kursi Putar, Laminar Air Flow, Lemari Alat, Lemari Besi, Lemari Es , Lemari Kaca, Low Temp. Incubator, Meja Alat, Meja Kerja, Meja Tulis, Oven, spectrophotometer, Sterill Tanah, Telepon, Vacuum Pump.

    fito-1.jpg fito-2.jpg

    14.Laboratorium Transformasi & Mikro-Propagasi

    Laboratorium ini menyediakan perangkat dan sarana yang diperlukan untuk melakukan Transformasi dan mikropropagasi seperti: Air Conditioner, Analytical Balance, Centrifuge, Cold Incubator, Heating Plate, Illuminated Incubator, Incubator, Inverted Microskop, Komputer (monitor), Kruk, Lemari Buku, Meja Kerja, Meja Rak Kayu, Meja Tulis, Oven, Pesawat Telpon, Shaker Bath, Spectrophotometer, Stereo Microskop.

    mikro-propagasi-1.jpg

    15.Laboratorium Bioproses

    Laboratorium ini difasilitasi dengan peralatan yang diperuntukan bagi kegiatan isolasi mikroba, perbanyakan sel, optimasi dan penggandaan skala produksi sel atau metabolit. Diantaranya adalah peralatan untuk kultivasi mikroba, kultur kocok (fermentor) untuk perbanyakan mikroba dan peralatan lainnya yang terkait dengan kegiatan bioproses. Selain melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan penelitian laboratorium ini juga melayani jasa isolasi, identifikasi dan screening metabolit mikroba bagi masyarakat yang membutuhkan.

    mikro-propagasi-2.jpg

    16.Laboratorium Bioremediasi

    Laboratorium ini dilengkapi dengan fasilitas yang terkait dengan aktivitas isolasi, screening mikroba yang berhubungan dengan bioremediasi.

    mikro-propagasi-3.jpg

    17.Herbarium

    Herbarium Departemen Biologi ITB menyimpan sekitar 15 ribu sampel tumbuhan yang sebagian besar terdiri dari jenis-jenis tumbuhan dari seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut:http://www.sith.itb.ac.id/herbarium/

    herbarium-2.jpg

    18.Museum Zoologi

    Museum Zoologi Departemen Biologi ITB menyimpan sekitar 15 ribu sample hewan dan bagian tubuh dari hewan. Hewan-hewan yang dikoleksi mencakup hewan-hewan yang dahulu mudah dijumpai di lingkungan kita serta beberapa hewan langka.

    picture-074.jpg

    19.Stasiun Penelitian

    Stasiun penelitian lapangan terletak di daerah Cimanggu, yang dapat dipergunakan sebagai fasilitas penelitian lapangan Biologi.

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

Labtek XI Gedung SITH.

Jl.Ganesa 10 Bandung 40132 Indonesia.
Phone : +62 22 251-1575; +62 22 250-0258
Fax : +62 22 253-4107
Web site: http://www.sith.itb.ac.id
Email Address: sith@itb.ac.id


8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. dede said, on July 14, 2012 at 5:23 pm

    mohon bantuannya kakak semua, saya ingin mengetahui SITH ITB berakreditasi apa?
    terimakasih

  2. Rita Ningsih said, on January 14, 2012 at 8:22 am

    Ass. Saya alumni Biologi ITB 1995, coba register jadi anggota perpustakaan SITH tapi ga bhasil malah diminta ulang isi form padahal sdh ada tanggapan suceed. Mhn bantuannya karena sy memerlukan beberapa teks book utk bhn mngajar. Tks atas krja samax.

  3. dewi said, on November 5, 2011 at 8:36 am

    mau tanya, kalau beli ragi tempe bisa di lab ini gak ?

  4. Babcia Terenia said, on May 5, 2011 at 11:53 am

    Wow that was strange. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to say wonderful blog!

  5. helmi said, on December 9, 2010 at 12:51 pm

    mohon bantuanya, kalau uji dietary fiber di lab ini bisa engga? kl bisa yang sekalian metoda identifikasi nya dengan HPLC.

    • paibiopai said, on December 27, 2010 at 3:10 pm

      hmm,, klo hplc ga bisa mas, coba di lipi sangkuriang bandung.. deket dengan itb kok.. disitu bisa, di puslit kimia..

  6. gracia said, on October 26, 2010 at 5:38 pm

    permisi, saya mau tanya apa korea scholarship dari Daejoon University untuk mahasiswa/i SITH ITB tiap tahun selalu ada?
    terima kasih.

    • paibiopai said, on December 27, 2010 at 3:10 pm

      untuk scholarship, sebenarnya ada banyak.. ga hanya ke korea, ada yg ke jepang juga.. itu berupa pertukaran dan research, biasanya setahun aj periodenya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: