blog pai poenja

pohon cabe tumbuh ga pake tanah ??

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on January 27, 2012

huaaaaaahhhh,, udah lama tak menulis.

jadi kaku semua jari ini saat menyapa keyboard laptopku, hahay, lebay..

yup, sesuai judul, pengen ni mencoba Hidroponik.

pas dulu jaman kuliah semester 3 klo ga salah, ada praktikum ngebikin hidroponik, waktu itu hidroponik tomat ma cabe, hihi

eh eh, iya ya, apa siy itu hidroponik?

(more…)

my amino acid name

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,,, Scholar Ideas by paibiopai on April 25, 2011

me in amino acid :

P – R – A – D – I – P – T – A

Proline – Arginine – Alanine – Aspartic Acid – Isoleucine – Proline – Threonine – Alanine

coded by –

AUG(start) – CCU – AGA – GCA – GAC – AUU – CCA – ACG – GCU – UAG(stop)

hehe,, so, what’s yours?  😉

Tagged with: , ,

untitled – 2

Posted in Merangkai Kata, Scholar Ideas by paibiopai on March 27, 2011

seringkali sebelum berpidato, atau berbicara di muka umum, kita berucap: “Segala syukur kita panjatkan kepada Allah . . .”

apakah hanya sekedar ucapan? Sudahkah sebenar-benarnya kami bersyukur?

“ I never thought about
all the things You have given to me
I never thanked You once
I was too proud to see the truth“

Mulai dari membuka mata hingga menutup mata kembali,, dari ujung rambut hingga ujung kaki.. tak ada yang luput dari kegratisan yang Allah berikan kepada kita.

Jika boleh berlayang-layang pada dunia imajinasi, tak ada oksigen yang beredar bebas di udara yang kita hirup, ataupun kalaupun ada, setelah kita hidup, kita ditagih untuk biaya produksi oksigen itu, sanggupkah kita membayar? Tak ada tagih menagih yang Allah lakukan, malah surgaNya sudah menanti bagi para hamba-hambaNya yang bersyukur,, lantas bagaimana dengan hambaNya yg kufur akan nikmatNya? Sesungguhnya siksa Allah amatlah pedih.. na’udzubillahimindzaalik

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (QS. Ibrahim:7)

 

Kalaupun boleh bertanya-tanya kembali, mengapa warna merah terlihat merah? Mengapa warna ungu, yang telah menjadi warna yang kusuka pun, telihat ungu? Atau mengapa warna hijau tetaplah terlihat hijau? Sedikitnya pernahkah kita bersyukur dengan warna biru yang takpernah terlihat coklat? Atau sebersit terimakasih dengan warna hitam yang takpernah terlihat putih?

Masa kecilpun, seekor gajah yang terlihat sangat kokoh dan perkasa itu, menjadi sesuatu yang saya favoritkan. Bagaimana ia bisa dengan tegap berdiri kuat. Saat itu pun dengan naif berangan-angan, apa yang terjadi saat gajah itu tak memiliki belalai, mungkin akan terlihat lebih gagah. Hmm, angan-angan seorang anak kecil. Namun saat angan-angan itu saya ulangi kembali saat ini, apa yang terjadi saat seekor gajah itu tak memiliki belalai? Bagaimana ia minum yang notabene air itu berada di bawahnya, bagaimana ia makan yang notebene rumput-rumput itu tumbuh jauh di bawah tubuhnya pula? Pasti akan terjungkal !  Subhanallah,, suatu keseimbangan hidup yang Allah ciptakan pada seorang gajah. Subhanallah !!

Pernahkah kita berpikir hal tersebut? Karena Allah telah ‘memikirkannya’ terlebih dahulu.. Lantas, bagaimana Allah mengatur agar -paling tidak hingga saat ini- semua planet-planet ini beredar pada tempatnya, takpernah bersinggungan satu dengan yang lain, bagaimana matahari terus bersinar agar bisa menjadi sumber energi bagi tumbuhan tuk terus bisa memproduksi oksigen tuk kita hidup?

Banyak orang yang sudah dikaruniai kekayaan materi di dunia ini, namun tetaplah ia gelisah, gundah dan merasa tak aman hidupnya. Lalu, buat apa kekayaan materi itu tanpa adanya kekayaan hati yang ia miliki?

“Allah, I wanna thank You
I wanna thank you for all the things that you’ve done
You’ve done for me through all my years I’ve been lost
You guided me from all the ways that were wrong
And did you give me hope”

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’d: 28)

 

Kita bersyukur bukan karena kita bahagia, tapi kita dapat bahagia apabila kita bersyukur.

 

Tagged with: , ,

We are Our Mother !

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on March 22, 2011

Udah lama ga nulis, mencoba berhadapan dengan mesin ketik lagi,,

 

Sudah lama diriku menjadi diriku, ya, sekitar 21 tahun (bentar lagi 22, semakin tua, hmm, yg penting awet muda).. 21 tahun ini diriku tetaplah diriku, tapi saat kubuka album biru, penuh debu dan usang, (malah nyanyi,),, balik lagi, saat kubuka album-album fotoku, saat sekolah SMA dlu, masih kurus-kurus aje, tapi sekarang tambah ganteng lah ya,, pas SMP, masih kliatan imutnya,, apalagi pas SD, chubby abiss.. pipi padat berisi, n masih putih !! hheu, tergerus jaman, jadinya item sekarang..

Tu pas SD, gimana saat balita yak, mundur lagi, saat ku digendong-gendong ma ibu tersayang, dimandiin pake sampo zwitsal (bener ga siy nulisnya?).. hmm.. kuberpikir-pikir lagi, gimana bentuknya diriku ini saat ku masih dikandungan ? gimana bentuknya diriku ini saat masih belum berbentuk ??  ga rugi jadi (mantan)mahasiswa biologi , jadi ngerti prosesnya, hehe

Yup, kita semua ini, dulu bukanlah kita yang sekarang ini, yang ganteng-ganteng n cantik-cantik.. kita hanyalah berawal dari satu sel ! satu ! bayangkan, hanya satu !  (iye iyee..)

—–>>>> 

Tapi dari satu sel, bisa jadi kayak manusia gini,, hmm subhanallaah

Kita semua tau dua sel induk yang kemudian akan menjadi diri kita, yaitu sel spermatozoa dari ayah, dan sel ovum dari ibu. Kedua sel ini bergabung menjadi satu, terus terus memperbanyak dan mengcopy dirinya sebanyak mungkin, dan jadilah diri kita.

 

EIITSS,, dua sel induk itu bergabung ???  SALAH !!

Ternyata kedua sel tersebut tidak bergabung.. he? Kok bisa? (more…)

Pengobatan Jerawat Terpadu -Genetik Bakteri Penyebab Jerawat-

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,,, Scholar Ideas by paibiopai on January 21, 2011

Kode genetik Propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat terpecahkan. Ini membuka harapan baru untuk pengobatan jerawat yang lebih tepat. Siapa tak pernah memiliki jerawat? Bersyukurlah. Sebab, banyak orang merasa tidak nyaman, merasa terganggu, dan bahkan sampai minder ketika wajah mereka berhiaskan bisul-bisul kecil.

Jerawat merupakan kelainan kulit yang dikenal dengan acne vulgaris. Biasanya jerawat menyerang mereka yang memasuki masa puber, atau remaja. Pada masa itu terjadi perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak pada kulit. Kelenjar tadi akan membesar dan menghasilkan minyak yang lebih banyak. Minyak ini dialirkan ke folikel rambut, yaitu bangunan yang membentuk kantung mengelilingi akar rambut, lalu dikeluarkan ke permukaan kulit lewat pori-pori kulit.

Pada kondisi tertentu pori-pori kulit ini tertutup sehingga minyak menumpuk di kantung itu. Sumbatan ini bisa terinfeksi kuman yang hidup di sekitar folikel sehingga menimbulkan peradangan, bengkak dan pernanahan. Sebanyak 80 persen permasalahan kulit ini menimpa mereka di usia dewasa muda. Meski begitu, mereka yang berusia lanjut pun tak terhindar dari masalahan ini.

Tak hanya karena persoalan hormonal, masalah jerawat terkait dengan gangguan di sekitar folikel rambut (keratinisasi), dan juga bakteri. Menurut dr I Ketut Sukarata SpKK dari bagian penyakit kulit dan kelamin FKUI/RSUPN-Cipto Mangunkusumo, penyebab jerawat pada tiap orang (more…)

Bedanya ‘Sperma X’ dan ‘Sperma Y’ ?

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on January 19, 2011

Istilah sperma berasal dari kata Yunani (σπέρμα)””sperma (yang berarti “benih”) dan mengacu pada sel-sel reproduksi pada gamet laki-laki. Dalam jenis reproduksi seksual yang dikenal sebagai anisogamy dan oogamy, terdapat perbedaan yang nyata dalam ukuran gamet dengan yang lebih kecil yang disebut sebagai “laki-laki” atau sel sperma.

Sel sperma manusia adalah haploid, sehingga 23 nya kromosom dapat bergabung dengan 23 kromosom telur perempuan untuk membentuk sel diploid. Sebuah sel sperma yang motil uniflagellar disebut sebagai sebuah spermatozoa. Sel-sel sperma tidak bisa membagi dan memiliki hidup yang terbatas, tetapi setelah fusi dengan sel telur saat fertilisasi, sebuah zigot totipoten terbentuk dengan potensi untuk berkembang menjadi organisme baru. Sel-sel sperma memberikan kontribusi setengah dari informasi genetik kepada keturunan diploid. Pada mamalia, jenis kelamin anak ditentukan oleh sel sperma: spermatozoa yang membawa kromosom Y akan menghasilkan keturunan (XY) laki-laki, sementara spermatozoa dengan kromosom X akan menghasilkan keturunan (XX) perempuan (ovum selalu memberikan kromosom X).

Nah bagaimana cara membedakan sperma dengan kromosom X dan sperma dengan kromosom Y ? (more…)

Vitamin C Deceives You ..

Posted in Scholar Ideas, TipS and TrickS (^c^)b by paibiopai on January 17, 2011

Such conditions, like the needs to beautifier our body and other needs, created a ‘habit’ to take supplemental vitamin C. Many of us are willing to pay a such an expensive stuffs, to get supplemental vitamin C, either in the form of tablets, powders, liquids, etc. Coupled with a variety of advertising seduction, whether in print, television and in the shopping center almost every day we meet. In fact they have a tendency to consume vitamin C in excess.

under normal conditions would need Vit C is only 50mg-75mg  and it is usually already covered by the daily food intake of origin with 4 sehat 5 sempurna.

What about teh ‘myth’ that taking high doses of Vit C, that are very popular nowadays in ads, “Vit C 1000 mg”?  it is OK if (more…)

How to Reduce Co2 in atmosphere Significantly

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on January 6, 2011

The concentration of carbon dioxide (CO2) in Earth’s atmosphere is approximately 390 ppm (parts per million) by volume as of 2010. This data shows it rises relatively quickly, and even the rise grows quickly. The average growth for the period 2000-2009 was 2.0 ppm per year. Interpreting this data as a simple exponential, the current rise-rate can be estimated to be 2.20±0.01 ppm/yr as of the beginning of 2011, a doubling from 41.7±0.5 years ago. In 2009, the rise-rate was 1.6 ppm/yr. Carbon dioxide is essential to photosynthesis in plants and other photoautotrophs, and is also a prominent greenhouse gas. Despite its relatively small overall concentration in the atmosphere, CO2 is an important component of Earth’s atmosphere because it absorbs and emits infrared radiation, thereby playing a role in the greenhouse effect. (more…)

what einstein said,,

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on December 2, 2009
“Science without religion is lame, religion without science is blind.”
Albert Einstein, “Science, Philosophy and Religion: a Symposium”, 1941,US (German-born) physicist (1879 – 1955)

good phrase, but (more…)

Tagged with: , ,

Tracking the progress of H1N1 swine flu VIRTUALLY !!

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on November 26, 2009

This map and the data behind it were compiled by Dr. Henry Niman, a biomedical researcher in Pittsburgh, Pennsylvania, using technology provided by Rhiza Labs and Google. The map is compiled using data from official sources, news reports and user-contributions and updated multiple times per day.

Rhiza’s web-based mapping product, Insight, is helping Dr. Niman get official and unofficial data into the tracking system faster while giving researchers and the public many options for viewing the data in a useful and understandable way. 

link : http://flutracker.rhizalabs.com

Tagged with: , , , , ,

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

102_2866 copyDSC00953-2 copykembang
More Photos

Blogroll

Internet Tips Download