blog pai poenja

untitled – 2

Posted in Merangkai Kata, Scholar Ideas by paibiopai on March 27, 2011

seringkali sebelum berpidato, atau berbicara di muka umum, kita berucap: “Segala syukur kita panjatkan kepada Allah . . .”

apakah hanya sekedar ucapan? Sudahkah sebenar-benarnya kami bersyukur?

“ I never thought about
all the things You have given to me
I never thanked You once
I was too proud to see the truth“

Mulai dari membuka mata hingga menutup mata kembali,, dari ujung rambut hingga ujung kaki.. tak ada yang luput dari kegratisan yang Allah berikan kepada kita.

Jika boleh berlayang-layang pada dunia imajinasi, tak ada oksigen yang beredar bebas di udara yang kita hirup, ataupun kalaupun ada, setelah kita hidup, kita ditagih untuk biaya produksi oksigen itu, sanggupkah kita membayar? Tak ada tagih menagih yang Allah lakukan, malah surgaNya sudah menanti bagi para hamba-hambaNya yang bersyukur,, lantas bagaimana dengan hambaNya yg kufur akan nikmatNya? Sesungguhnya siksa Allah amatlah pedih.. na’udzubillahimindzaalik

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (QS. Ibrahim:7)

 

Kalaupun boleh bertanya-tanya kembali, mengapa warna merah terlihat merah? Mengapa warna ungu, yang telah menjadi warna yang kusuka pun, telihat ungu? Atau mengapa warna hijau tetaplah terlihat hijau? Sedikitnya pernahkah kita bersyukur dengan warna biru yang takpernah terlihat coklat? Atau sebersit terimakasih dengan warna hitam yang takpernah terlihat putih?

Masa kecilpun, seekor gajah yang terlihat sangat kokoh dan perkasa itu, menjadi sesuatu yang saya favoritkan. Bagaimana ia bisa dengan tegap berdiri kuat. Saat itu pun dengan naif berangan-angan, apa yang terjadi saat gajah itu tak memiliki belalai, mungkin akan terlihat lebih gagah. Hmm, angan-angan seorang anak kecil. Namun saat angan-angan itu saya ulangi kembali saat ini, apa yang terjadi saat seekor gajah itu tak memiliki belalai? Bagaimana ia minum yang notabene air itu berada di bawahnya, bagaimana ia makan yang notebene rumput-rumput itu tumbuh jauh di bawah tubuhnya pula? Pasti akan terjungkal !  Subhanallah,, suatu keseimbangan hidup yang Allah ciptakan pada seorang gajah. Subhanallah !!

Pernahkah kita berpikir hal tersebut? Karena Allah telah ‘memikirkannya’ terlebih dahulu.. Lantas, bagaimana Allah mengatur agar -paling tidak hingga saat ini- semua planet-planet ini beredar pada tempatnya, takpernah bersinggungan satu dengan yang lain, bagaimana matahari terus bersinar agar bisa menjadi sumber energi bagi tumbuhan tuk terus bisa memproduksi oksigen tuk kita hidup?

Banyak orang yang sudah dikaruniai kekayaan materi di dunia ini, namun tetaplah ia gelisah, gundah dan merasa tak aman hidupnya. Lalu, buat apa kekayaan materi itu tanpa adanya kekayaan hati yang ia miliki?

“Allah, I wanna thank You
I wanna thank you for all the things that you’ve done
You’ve done for me through all my years I’ve been lost
You guided me from all the ways that were wrong
And did you give me hope”

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’d: 28)

 

Kita bersyukur bukan karena kita bahagia, tapi kita dapat bahagia apabila kita bersyukur.

 

Tagged with: , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. maseko cahyo said, on March 28, 2011 at 2:50 pm

    alhamdulillah.. rabbil alamiin..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: