blog pai poenja

Belajar Goblok !

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,, by paibiopai on January 25, 2011

Pasti Anda bingung dengan judulnya, ‘goblok’ kok dipelajari! Awalnya saya juga bingung, tapi setelah bertemu langsung dengan Om Bob (pangilan akrab Bob Sadino), baru percaya bahwa statement itu benar.

Bob Sadino terkenal dengan pengusaha yang ‘Nyleneh’ gaya dan pola pikirnya. Sejak dari jaman Soeharto, dia terkenal dengan ‘kostumnya’ yang selalu bercelana pendek. Begitulah cara Om Bob bertemu dengan semua presiden negeri ini.

Di kediamannya di kawasan Lebak Bulus sebesar 2 hektar, dia membuat orang-orang pusing dengan statement-statement nya yang super Nyleneh. Misalnya dia tanya,”Menurutmu kebanyakan orang bisnis cari apa Jay?” Spontan kita jawab,”Cari untung om!” Kemudian Om Bob balik menjawab,”Kalo saya cari rugi!”

Dia menjelaskan, kalo bisnis cari untung, apa selamanya untung? Sama juga kalo bisnis cari rugi, apa selamanya rugi? Maknanya adalah, rugi tak perlu ditakuti. Bahkan karyawan Kemchicks (pabrik daging olahan) dan Kemfarms (exportir sayur dan buah) diijinkan untuk berbuat salah. Sampai-sampai ada karyawan yang pernah membuat kerugian US$ 5 juta dan masih bekerja sampai sekarang.

Goblok atau Pintar? Trus apa maknanya belajar ‘Goblok’?

Bukankah banyak orang pandai tapi tak berhasil dalam usaha atau bahkan melangkahpun tak berani.

Om Bob bilang, kalo orang ‘goblok’ itu tak pandai menghitung, makanya lebih cepat mulai usaha. Kalau orang pinter, menghitungnya ‘njlimet’, jadi nggak mulai-mulai usahanya.

Orang ‘goblok’ berbisnis tidak berfikir urutan, sedangkan orang pinter, berfikir urut. Orang pintar tidak percayaan dengan orang lain, jadi semuanya mau dikerjain sendiri, seolah tak ada yang dapat menggantikan dirinya.

Nah, kalau orang ‘goblok’, dia akan mencari orang pintar dan harus lebih pintar darinya, untuk menjalankan usahanya.

Orang pintar ketemu gagal, cenderung mencari kambing hitam untk menutupi kekurangannya. “Ehm, situasi ekonominya lagi down”, atau “Pemerintah nggak mendukung saya”, kata orang pintar.

Lain hal dengan orang ‘goblok’, jika ketemu gagal, nggak merasa kalau dia gagal, karena dia merasa sedang ‘belajar’.

Bahkan Om Bob juga mengatakan bahwa dia sebagai orang ‘goblok’ tidak melakukan perencanaan usaha, target ataupun  mengenal cita-cita.

Namun sebaliknya, semua karyawannya harus memiliki target dan perencanaan. Buahnya, orang ‘goblok’ yang jadi bossnya orang pintar.

Itulah adilnya Tuhan menciptakan orang pintar dan orang ‘goblok’.

Masalahnya sekarang, siapa yang merasa pintar, siapa yang merasa goblok? Trus, enakan mana jadi orang pintar atau orang ‘goblok’? Jika Anda semakin bingung dengan tulisan saya, artinya bagus, berarti Anda mulai ….Goblok!

Kalau Anda emosi, berarti Anda pintar. Itu juga kata orang Om Bob lho..!

Filosofi ‘goblok’ Bob Sadino dia ibaratkan seperti air sungai yang sedang mengalir. Ketemu batu di depan, ya belok kanan atau belok kiri. Namun seperti air di sungai, kitapun harus siap dikencingi, dibuangi sampah dan kotoran-kotoran yang lain. Jadi, pilih mana?

GOBLOK atau PINTAR?

Pengusaha tak harus pintar dalam segala hal. Tapi harus pintar mencari orang pintar

 

—–
dalam perjalanan menuju seorang ilmuwan kaya

10 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Agung Pandi Nugroho said, on February 2, 2011 at 6:04 pm

    Menarik, dan gak harus jadi goblok juga bisa kok sebenernya. Pinter tapi goblok…>_<
    Analoginya menarik.
    Tapi jadi kepikiran juga apa bisa orang goblok ngambil hikmah dari sesuatu masalah/kejadian?
    Sepertinya tidak…mungkin buat ane lebih tepat bukan "goblok" tapi orang yang "pintar (berilmu) dan rendah hati…"

    Terus apakah orang yang goblok bisa dengan bijaksana membuat bawahannya memiliki visi dan pendangan jauh kedepan? ane kira juga tidak bisa , bukan "goblok" tapi "orang pintar (berilmu) yang bijaksana…"

    pemilihan kata aja sih emang, dan mungkin juga bagian dari marketing…Tapi gak enak aja kalau disuruh jdi orang goblok ,🙂

    piss ah…^^

    • paibiopai said, on February 2, 2011 at 6:07 pm

      hehe, ini bikin mainan kata yang enak didenger aja kok mas bro
      tapi orang goblok bisa kaya klo mau belajar, orang goblok bisa pinter kalo mau belajar, masalahnya, orang pinter itu ga mau belajar lagi.. nah, mending belajar goblok aja ah biar masih bisa belajar, daripada pinter.. hehe

  2. maseko cahyo said, on January 31, 2011 at 12:00 pm

    ada benernya juga seh,.. wah ternyata selama ini sy bener2 goblok ya,…

  3. Nuzulya Safitri Ilahude said, on January 27, 2011 at 4:27 pm

    niceeeee…
    pinjem bukunyaa paaaaii😀

    • pai said, on January 28, 2011 at 8:30 am

      eh ada teh Mia Ilahude, ahahaay
      tiap seputer endonesa aku pantengin looh.. pas di sby, pas liat seputer endonesa ibu saya pernah bilang “loh, dit, itu kan temen kamu yang taun lalu nginep di rumah tu kan ??”

      bolee njuull,, tapi masih dipinjem juga, hheu.. ntar klo pas dah dibalikin ya

      • Nuzulya Safitri Ilahude said, on January 28, 2011 at 1:12 pm

        hehehe, seriuuuuss paaaii???
        aduuh jadi maluuu, ditonton sama ibu mu juga ternyata.. hehehehee..😀
        sipsipp..
        eh, weekend bsk ngopi” yuuk paaii, njul ngga pulang ke bandung nii..😦

      • paibiopai said, on January 28, 2011 at 4:25 pm

        whaa, klo akhir pekan ini aku ga bisa njul, ada agenda di luar kota, huhuu.. maap maap.. klo pas akhir pekan lagi njul ada kosong n saya pas kosong, kabar2 lagi ya njuul.. insyAllah bisa silaturahim lagii

  4. rosi said, on January 25, 2011 at 2:32 pm

    bermain dengan kata. menarik.

    • paibiopai said, on January 26, 2011 at 5:17 pm

      hanya memutarbalikkan fakta dan pemikiran,, think out of circle


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: