blog pai poenja

Teh bumbu Cinta,,

Posted in TipS and TrickS (^c^)b by paibiopai on January 4, 2011

hujan seringkali tak pernah absen di tengah-tengah kesibukan dan kebuntetan pikiran, namun kehangatan itu tetap terus ada kala sang dicinta (bisa ibu, adik, ayah, anak, ato istri, hehe) hadir tuk menghidangkan teh hangat.. nyuuumm, harumnyaa, apalagi bikin tehnya pake bumbu cinta, ahooyy.. (paragraf yang ga jelas, jangan masukkan ke hati)

naah, kita pasti semua sering denger tu di iklan-iklan: “teh kaya akan polifenol, berperan sebagai antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh…” . itu dia, kita angguk2 aja kan ya, meskipun ga tau apa siy antioksidan itu, hayoooo.. hehe

naah, disini ni coba aye jelasin apa siy antioksidan tuuu.. yuuuuu

Antioksidan adalah zat atau nutrisi dalam makanan kita yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan oksidatif tubuh kita. Ketika sel-sel tubuh kita menggunakan oksigen yang kita hirup untuk proses membentuk energi, itu menghasilkan radikal bebas (produk sampingan) yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel. Antioksidan bertindak sebagai pengikat radikal bebas dan dapat mencegah kerusakan itu.

antioksidan yang berupa polifenol ini paling banyak terdapat pada daun teh hijau. tapii, masih banyak lhoo zat-zat antioksidan yang lain selain polifenol yang terdapat pada makanan yang sehari-hari kita makaan:

1. Vitamin A dan Karotenoid
Wortel, labu, brokoli, ubi jalar, tomat, kangkung, sawi, melon, persik, dan aprikot (buah-buahan berwarna cerah dan sayuran)

2. Vitamin C
Jeruk buah-buahan seperti jeruk dan sebagainya nipis, paprika hijau, brokoli, sayuran berdaun hijau, stroberi dan tomat

3. Vitamin E
Kacang & biji, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, minyak sayur dan minyak hati

4. Selenium
Ikan & kerang, daging,  biji-bijian, telur, ayam dan bawang putih

5. dan masih banyak lagi yang lainnyaaaaa    tomat semangka n buah2an yang lain

Antioksidan itu banyak ditemukan di biji, produk biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Carilah buah-buahan dengan warna cerah. lutein dalam beberapa pigmen kuning ditemukan di jagung, jeruk, melon, dan mangga. terus yang berwarna merah dari lycopene pada tomat dan semangka.

Selamat menikmatii berbagai produk makanan ini yaa.. Beneran ni mah, cara terbaik adalah untuk memperoleh antioksidan dari makanan bukan suplemen. Selain itu, perbanyak makan makanan inii untuk meminimalkan paparan oksidatif, dari asap rokok dan sengatan matahari.

9 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] C has a role as antioxidant and in cholesterol metabolism. Cholesterol is removed in the form of bile acids (end products of […]

  2. Nanta said, on January 6, 2011 at 12:46 pm

    pai.. nek wes ketagihan teh ada efek samping ta? aku sehari minimal satu botol.. klo gula sih aku biasanya nggak makai.. gmn tuh hayoo??

    • paibiopai said, on January 6, 2011 at 1:18 pm

      ga masalaah, nyante ae.. tapi sebaiknya dikurangi jeh.. jangan berlebihan lah.. hoke hoke?

      • Nanta said, on January 6, 2011 at 3:52 pm

        moh.. wes ketagihan je…

      • pai said, on January 6, 2011 at 6:26 pm

        hehe,, yowis ta, karepmu..

  3. RE said, on January 5, 2011 at 9:39 am

    Fesbuk ? Itu mah dirimu.
    Enggak, serius pernah denger bgtu.
    Jadi, dianjurkan banyak2 minum air putih lebih baik.
    Trus emg btul yaa, kalo teh hijau bs menurunkan berat badan? Asa teu percaya.

    • paibiopai said, on January 5, 2011 at 2:06 pm

      klo menurunkan berat badan emang bener kok,, teh itu juga bisa menghambat penyerapan digesti makanan..

  4. RE said, on January 5, 2011 at 7:05 am

    Tapi pernah denger katanya teh bisa menyebabkan ketergantungan. Apa betul ya?

    • pai said, on January 5, 2011 at 7:54 am

      betewe ganti nama mulu ni, hehehe..
      ga cuma teh kklo ketergantungan mah, kalo kita udah ngerasain ato melakukan sesuatu, kemudian disitu kita seneng n enak n ngerasa ada manfaatnya, ya kita pasti ketergantungan.. ga cuma teh, bahkan fesbuk pun bisa bkin ketergantungan, hehehe
      tapii, klo yang dimaksud ketergantungan disini seperti yang diakibatkan oleh narkoba, itu ga bener.. teh mah menyehatkan, asal jangan over aja.. segala sesuatu yang dilakukan berlebihan juga ga baik (misal: tiap jam minum teh, heuheu)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: