blog pai poenja

makan banyak masih tetep kurus ??

Posted in TipS and TrickS (^c^)b by paibiopai on December 29, 2010

yoooo,, itulah yang terjadi pada diriku.. saia makan ‘portugal’ alias porsi tukang gali, tapi masih saja tidak melar ni badan. beuu.. usut punya usut, suatu waktu, sebelum satu pertandingan taekwondo yg pernah saya ikuti, dokter tim memvonis seperti ini:

“waduh mas, sampeyan (kamu -.red) ‘metabolic rate’-nya tinggi.. makanya ndak bisa nambah berat badan signifikan”

hmmm, jadi berpikir, gimana ya cara nambah berat badan, minum ‘weight gain’ (susu, -red.) ?? kata dokternya, ga mempan tu susu untuk saia supaya bisa nambah berat badaan..

heuu, naaahh, bagi kamu-kamu semua yg punya kondisi sama, pengen tau gimana cara nambah berat badan secara efektif dan signifikan?? plus mau tau, apa siiy metabolic rate ituu ??

kalo saia baca di detik (website news indonesia, -red.) tu, hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori.

orang yang banyak makan tetapi tetap kurus berarti memiliki sistem metabolisme yang sangat tinggi. Sistem metabolisme yang sangat tinggi ini membuat makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar dari metabolisme rata-rata, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh. Sebaliknya, orang yang makan sedikit tetapi sangat cepat gemuk berarti memiliki sistem metabolisme yang lambat.

Metabolisme adalah proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen akan melepaskan energi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh. Energi ini tidak hanya digunakan untuk beraktifitas, bahkan saat Anda tidur pun tubuh tetap memerlukan energi untuk bernapas, sirkulasi darah, mengatur kadar hormon, serta pertumbuhan dan perbaikan sel.

Selain karena sistem metabolisme yang tinggi, orang yang banyak makan tetapi tetap kurus 90 persen karena memiliki pola makan, olahraga dan tidur yang salah.

Jika Anda ingin gemuk, berikut beberapa tips bagi orang yang kesulitan menaikkan berat badan karena memiliki sistem metabolisme yang tinggi:

1. Makan yang tepat
Orang dengan sistem metabolisme memerlukan lebih banyak makanan yang mengandung tinggi protein untuk perkembangan ototnya. Selain itu, sebaiknya makanlah setelah melakukan aktivitas seperti olahraga, agar segera membangun kembali otot tubuh. Makanan yang tinggi protein misalnya daging ayam, daging sapi, telur, susu, keju dan kacang-kacangan.

2. Olahraga yang tepat
Olahraga seperti jogging, lompat tali, sit up dan push up tidak akan membuat berat badan orang dengan sistem metabolisme naik. Olahraga tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekuatan, tetapi tidak menambah massa otot. Untuk menaikkan berat badan, cobalah latihan beban (barbel atau angkat besi) tidak lebih dari 45 menit. Hal ini akan membuat otot Anda lebih besar sehingga dapat menaikkan berat badan.

3. Jumlah tidur yang tepat
Kurang tidur membuat orang dengan sistem metabolisme tinggi tak bisa gemuk, karena hal itu membuat Anda membakar kalori lebih tinggi. Untuk itu, tidurlah dengan pola dan jumlah yang cukup 6-8 jam sehari.

gituuu.. jadii, kalo kata d’massive, tetep syukuri apa yang adaa, hidup adalah anugerah.. meskipun kurus (ato ga gemuk) tetep sehat kok, jadi tetep harus bersyukur.. n kurus karena metabolic rate yg tinggi ini bukan sakit-sakitan lhoo.. hmm, tapi perlu dikonfirmasi juga keberadaan cacing dalam usus kitaa, jangan2 tu cacing dah berkembang jadi naga lagi.. hahaa,, jangan lupa minum obat cacing 6 bulan sekali yaaa..

seeepp, semangaath kawaaan.. kita tatap hari esok dengan lebih ceria..

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Nugraha Corporation said, on January 30, 2011 at 3:29 pm

    kalo ane udh makan banyak, tidur lama tapai masih aja kurus…..

    Ada info gak gan mengenai cara membasmi cacing di dlm usu ni….?
    Thx

    • paibiopai said, on January 31, 2011 at 8:45 am

      klo ngebasmi cacing, rutin minum combantrin ato obat cacing lainnya, mas bro.. rutin 6 bulan sekali.. mulai dari sekarang saja diminumnya.. banyakin makan protein mas bro, seperti telur dll..

  2. agung said, on January 8, 2011 at 5:34 pm

    hmm…
    nice post.
    kalau ane kebalikannya berarti y ^^.
    “metabolisme lambat”
    ada g saran buat orang2 kayak ane?

    selain ngaruh ke berat badan, ngaruh kemana lagi tuh? jenis metabolisme tsb? kesehatan kah?
    labih bagus yang mana? bisa diubah atau uda turunan /”nasib”.
    punteun banyak nanya, pengen tau aja ^_^

    • pai said, on January 10, 2011 at 8:12 am

      hehe
      ga masalah orang yang memiliki metabolisme normal,, malah ada cadangan apabila terjadi apa2,, saya malah berharap bisa seperti itu, hheu.. ya, ‘banyak’ olahraga gung, ente putsal tiap malem jumat kan (buset dah, nemenin tante kunti), plus jogging aja tiap akhir pekan di sabuga.. ga masalah, ga ngaruh kemana2.. ga usah dirubah.. cukup syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik.. jangan menyerah jangan menyerah jangan menyeraaah aah ah aaah..

  3. tyas said, on December 29, 2010 at 9:30 pm

    bneran dip yg minum obat cacing tu?😀
    aku jg nih, banyak makan tp ga gemuk jugaaaa, gimana ini…uhuh
    sayangnya aku menghindari telor dan gula *gimana mau gemuk
    oya, ada temenku yg bisa naikin berat, makan tiap 3 jam, makan banyakin protein, minum susu suplemen *harganya sejuta*, trus tidurnya harus 8 jam
    *dia konsul gitu

    • pai said, on December 30, 2010 at 7:21 am

      hohoo,, iya yas.. bener tu, coba minum obat cacing.. combantrin lah paling engga, ada yang kemasan pil kok sekarang, ato obat cacing yang lain gapapa..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: