blog pai poenja

Kabinet Indo Bersatu II sekarang butuh wakil menteri ???

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,, by paibiopai on October 27, 2009

hmm, kenapa ya butuh wakil menteri? masih tak kompetenkah menteri2 yang sudah ditunjuk sekarang?

ato ada alasan lainnya? nah, anggaran gimana tu? pasti ikutan berkurang donk, dengan adanya pengeluaran lebih di wakil kementrian,,

bagaimana menurut kalean??

Kriteria calon wakil menteri dalam Undang-Undang No.39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara sebaiknya diperjelas sehingga tidak ada kesalahan dalam penafsiran.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa, usai rapat terbatas Presiden dengan Wapres Boediono serta sejumlah menteri di ruang VVIP Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Senin siang mengatakan, posisi wakil menteri memang disebutkan dapat diisi fugur yang telah berkarir.

“Ya memang dalam UU-nya pada batang tubuhnya hanya disebutkan, untuk menteri atau kementerian tertentu, Presiden dapat mengangkat wakil menteri. Presiden yang bisa menentukan di mana saja wakil-wakil menteri itu. Jumlah tidak disebutkan karena dia bukan termasuk anggota kabinet yang 34 orang itu,” kata Hatta.

Mantan Mensesneg dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I itu menambahkan, pada penjelasan dari UU itu disebutkan, wakil menteri itu adalah pejabat yang memiliki karir.

“Karir ini tidak dijelaskan, orang bisa berkarir betul di bidang itu tapi bukan PNS. Oleh sebab itu, perlu juga nanti di sekretariat negara untuk menjelaskan yang dimaksud karir itu apa,” katanya.

Ketika ditanya apakah bisa figur yang berasal dari parpol menjadi wakil menteri, Hatta mengatakan, semua pihak diminta menunggu pengumuman presiden.

Namun, Hatta menambahkan, masalah wakil menteri tidak menjadi topik pembicaraan di Bandara Halim Perdana Kusuma tersebut.

Demikian pula dengan isu rencana kenaikan gaji menteri, Hatta menyatakan tidak dibahas.

“Tidak ada laporan soal itu, soal kenaikan gaji, Menkeu bersama MenPAN sudah membahasnya cukup lama, hanya memang itu belum diputuskan apa-apa. Artinya, itu memang perlu pengkajian dan pendalaman. Biarlah MenPAN mengkaji itu dengan seksama,” kata Hatta.

Enam kementerian

Sebelumnya, dalam konferensi pers tentang kunjungan kerja di Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15 ASEAN di Hua Hin, Thailand, Minggu (25/10) malam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan, setidaknya terdapat enam departemen yang dipertimbangkan akan memiliki posisi wakil menteri dalam pemerintahan KIB II. Presiden menjelaskan, departemen atau kementerian yang akan memiliki wakil menteri adalah pos dengan beban cukup berat selama lima tahun mendatang karena ditugasi melakukan revitalisasi.

“Lima tahun ini ada sejumlah prioritas dan agenda penting dari kementerian tertentu karena ada yang ditugasi untuk melaksanakan revitalisasi,” ujarnya. Kepala negara menyebutkan, terdapat setidaknya empat departemen yang diberi tugas revitalisasi tersebut, yaitu Departemen Pertanian, Departemen Perindustrian, Departemen Pendidikan, dan Departemen Kesehatan. Sedangkan dua departemen lain, yaitu Departemen Luar Negeri dan Departemen Keuangan membutuhkan wakil menteri karena dua menteri itu lebih banyak bertugas di luar negeri.

wakil menteri tak pengaruhi anggaran?? bener ga nieh ..

Bertambahnya pos pejabat negara berupa wakil menteri dinilai tidak berpengaruh besar terhadap penggunaan anggaran. Terlebih hanya ada enam departemen yang akan memakai wakil menteri.

Demikian penilaian pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro. “Tidak seberapa jika dibandingkan dengan capaian yang ingin diraih,” katanya dalam perbincangan dengan okezone, Selasa (27/10/2009).

Oleh karenanya, dia berharap keberadaan wakil menteri bisa memperbaiki dan menunjang kinerja menteri yang memiliki tugas besar dan khusus. “Kalau kita ingin mencapai tujuan yang maksimal, kita tidak bisa linear, harus ada terobosan. Letakanlah orang yang tepat dan profesional,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara disebutkan, presiden dapat mengangkat wakil menteri pada kementerian tertentu jika dalam hal terdapat beban kerja yang membutuhkan penanganan khusus.

Rencananya presiden akan mengangkat wakil menteri untuk departemen-departemen yang dianggap memiliki tugas berat yaitu Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, Departemen Keuangan, Departemen Luar Negeri, dan Departemen Perdagangan.

 

(disadur dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: