blog pai poenja

Piala Dunia World Cup, Eropa yg Lolos ke AfseL

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,, by paibiopai on October 15, 2009

Sejak dimulai pada 6 September 2008, perjalanan kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa akhirnya sampai di ujung. Siapa-siapa yang lolos langsung dan siapa yang ke play-off?

Grup 9 adalah grup pertama yang menelurkan wakil pertamanya untuk lolos ke Afrika Selatan tahun depan, yakni Belanda. Runner-up grup, Norwegia, gagal meraih tiket play-off karena koefisiennya kalah dari delapan runner-up grup lainnya.

Di Grup 1, Denmark sudah dipastikan lolos ke Afrika Selatan pada matchday kesembilan. Meski kalah dari Hongaria di pertandingan terakhir, posisi tim ‘Dinamit’ tak tergoyahkan.

Portugal yang sempat berada di ujung tanduk akhirnya bisa bernafas lega, meski belum tenang sepenuhnya. Berkat kemenangan atas Malta, Seleccao pun berhak untuk menapaki fase play-off.

Keberhasilan Portugal membekap Malta membuat dua negara pesaingnya, Swedia dan Hongaria, gigit jari. Pasalnya, kemenangan keduanya atas lawan masing-masing menjadi tak berpengaruh.

Grup 2 adalah satu dari dua grup yang penentuan siapa wakilnya yang lolos langsung harus dilakukan di pertandingan terakhir. Akhirnya, Swiss berhak terbang ke Afsel meski ditahan seri Israel.

Untuk jatah play-off jadi milik Yunani yang di laga terakhirnya menundukkan Luksemburg. Latvia, meski juga menang atas Moldova, harus puas berada di peringkat tiga.

Slovakia menemani Yunani sebagai dua negara peraih tiket otomatis terakhir. Keberhasilan tim asuhan Vladimir Weiss menaklukkan Polandia di laga pamungkas Grup 3 menghantar mereka lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama semenjak menjadi negara mandiri pasca bubarnya Cekoslovakia.

Kemenangan Slovakia menutup kans Slovenia untuk lolos langsung meski pecahan Yugoslavia itu sukses melabrak San Marino. Walau begitu, Slovenia tetap berpeluang lolos meski harus melalui play-off.

Jerman dan Rusia sudah tidak memiliki kepentingan apa pun di pertandingan terakhir Grup 4. Jerman nyaris kalah dari Finlandia sebelum berhasil memaksakan skor 1-1, sedangkan Rusia diimbangi Azerbaijan 1-1.

Spanyol menjadi satu-satunya tim di zona Eropa yang memborong kemenangan dari 10 pertandingan yang dilakoninya di Grup 5. Di partai terakhir yang tak lagi menentukan, Matador yang telah lolos menundukkan Bosnia Herzegovina yang telah meraih tiket play-off.

Kroasia gagal meraih tiket play-off dari Grup 6 walau menang atas Kazakhstan. Sebabnya, di tempat lain Ukraina juga membantai Andorra 6-0. Sedangkan Inggris yang telah mendapat tiket otomatis mengatasi Belarusia.

Di Grup 7, Prancis tampil apik di laga pamungkasnya dengan menundukkan Austria. Di tempat lain, Serbia dipecundangi Lithuania. Namun posisi Serbia sebagai pemilik tiket otomatis dan Prancis selaku wakil ke play-off tak berubah.

Dari Grup 8, Italia secara dramatis mengatasi Siprus dan menghindarkan diri dari kekalahan pertamanya. Azzurri tetap lolos otomatis dan Irlandia yang di laga penutup ditahan Montenegro juga masih mendekap jatah play-off erat-erat.

Fase play-off
Delapan negara yang maju ke fase play-off akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok unggulan dan bukan ungulan, berdasar peringkat FIFA terbaru mereka. Tim dari kelompok unggulan akan bertemu tim dari kelompok non unggulan.

Undian partai play-off akan dilakukan di markas FIFA di Zurich pada 19 Oktober. Play-off akan dilakukan dengan sitem home and away pada 14 dan 18 November 2009.

Lolos otomatis:
1. Denmark
2. Swiss
3. Slovakia
4. Jerman
5. Spanyol
6. Inggris
7. Serbia
8. Italia
9. Belanda

Ke play-off
1. Portugal
2. Yunani
3. Slovenia
4. Rusia
5. Bosnia Herzegovina
6. Ukraina
7. Prancis
8. Irlandia

dari detik

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. badislam said, on December 25, 2009 at 2:16 am

    oooooooooooo
    best n mtp la blog kamu ni
    teruskn yeeeeeee…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: