blog pai poenja

ada pompa air sanyo di atas pohon??

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,,, Scholar Ideas by paibiopai on July 1, 2009

bismillah,

heu, itu kata2 ayah saya yang mengagumi keindahan penciptaan alam ini, dalam bentuk pohon-pohon yang ada..

ayah: “dit, tau pohon kan?”

aku: “iya, tau pak.. emank ada apa?”

ayah: “coba kamu ambil daunnya, terus di remes2 daunnya..”

aku: “siap pak.. (ambil dan remes2 daun..)”

ayah: “ada airnya yak?”

aku: “iya pak,, (bertanya2 pada diriku sendiri keheranan apa maksud ayahku)”

ayah: “airnya dari mana?”

aku: “dari tanah pak..”

ayah: “kok bisa naik sampe atas gitu sampai ke daun?? apa ada sanyo (pompa air, red) nya di atas? Allah itu hebat yah”

aku: “subhanallah (dalam hati),, bener juga yak pak, meskipun aku tau jawabannya karena udah dipelajarin di kuliah fisiologi tumbuhan”

yah, itulah kata2 seorang yang awam terhadap ilmu biologi dan yang mengobservasi alam ini dan menunjukkan kekagumannya kepada Sang Pencipta,, betul, awa udah belajar biologi dari lama n bahkan mendalaminya (secara kuliah jurusan biologi ITB getoh), baru mengatakan kalimat Subhanallah saat terjadi percakapan antara ayah dengan awa..

tau pohon Giant Sequoia ??

sequoia-treeca_giant_sequoia

yah, itulah pohon yang diklaim sebagai pohon yang terbesar sampai saat ini, dengan tinggi 83,82 meter n diameter mencapai 11 meter..

bayangin aje, pompa air merek apapun bisa gitu narik air tanah sampe ke atas puncak daun teratas pohon itu??

hanya sistem yang Allah ciptakan saja yang dapat mengangkat air dalam tanah sampai ke atas pohon secara otomatis.. sekali lagi otomatis !! g ada mesin penyedot apapun..

35-21-SecondGrowthStem-L3

dengan kerumitan sistem seperti gambar di atas ini Allah menciptakan kekompleksan transportasi air pada akar, batang, dan daun tanaman/pohon.. mulai dari adhesi molekul air, kohesi dengan dinding xylem, sistem kapilaritas xylem, dll.. itulah yang menyusun hal tersebut..

ini baru di pohon,, belum bagaimana kekompleksan pengaturan di dalam sel hingga keseimbangan galaksi ini,, hanya Allah yang dapat menciptakannya..

masih ragu atas kebesaran Allah swt??

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. arlandita said, on November 26, 2012 at 4:56 pm

    mau tanya kalo perbandingan jumlah xylem dengan diameter daun bagaimana ya?

  2. Nadia Juli Indrani said, on July 10, 2009 at 4:35 am

    waaa…mantabsss…
    keren kang…

    • paibiopai said, on July 10, 2009 at 6:59 am

      yuu,, marii qtah bersama2 terus belajar biologi untuk senantiasa mensyukuri nikmatNya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
%d bloggers like this: