blog pai poenja

suasana malam di Eijkman..

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 30, 2009

Image0163

manstab lah.. keren pemandangannya

jadi sering pulang malem, bis fusal kamis malem, ato bis ngelab tiap hari ngenet dulu.. hihi,, yah, indah memang suasana itu, dibalut dengan suasana syahdu angin malam dan tembang alam yang mengiringi tiap helaian nafas.. (alah)

hehe, keren lah pokokna..

Pernah liat Gajah ??

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,,, Scholar Ideas by paibiopai on June 30, 2009

iya temen2 smua..

pernah liat gajah? pertama kali kenal gajah mulai umur berapa? 4-5 tahun kali yak..

gajah klo minum gimana? klo kita amatin, gajah minum pake belalainya yak, disedot langsung dari belalainya..

42-18102696

pernah ngebayangin klo gajah ga punya belalai? minumnya gimana yak?? heheu..

yah, pasti si gajah akan terjatuh karena kesetimbangan berat gajah berada di depan saat gajah membungkuk minum..

coba bayangkan n renungkan dengan jelas..

ya, Subhanallah..

itulah kata2 yang terucap setelah saia menemukan hal tersebut..

udah sekitar 15tahun awa kenal gajah, tapi baru kemaren awa paham atas keistimewaan penciptaan dalam keseimbangan gajah.. itulah ciptaan Allah, tidak ada yang tidak sempurna dan tidak seimbang.. semuanya perfect !!

masih ragu akan keberadaan dan ke-MahaBesar-an Allah s.w.t?? ke laut ajeeee…

apalagi di laut, kamu akan melihat lebih lagi bagaimana Allah tu memang bener2 ada dari kekompleksan penciptaanNYA..

sip2, lanjut episode kelautan ntar lagi.. ocre..

“Fabiayyi alaa irabbikuma tukaddzibaan..” (Q.S. ArRahman)

nikmat yang mana lagi yang akan engkau dustakan? nikmat mana lagi yang akan engkau pungkiri?

WetLab session ..

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 30, 2009

mulai jangar dengan berbagai keadaan.. heheu

umm, yah, alhamdulillah pas di kampus dah ada bekal pengalaman lab praktikum biselmol, manstab lah, mambantu banget..

mulai dari PCR dan elektroforesis, hinggaa… PCR n elektroforesis juga

heu, optimasi terus niy, muka udah mirip mesin PCR ajah, jari2 udah mirip mikropipet, heheu, lebay, tapi seneng banget lah, masih untung sampelnya g seberapa banyak

yaaah, terus berdoa untuk keberhasilan wetlab dan optimasi PCR saia..

FISH 12S rRNA and Cytochrome-b mtDNA BARCODING..

FutsaL bersama para Pejantan Tangguh Eijkman..

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 19, 2009

Yeahhh !!!

akhirnya bisa nendang boLa juga,,

giLeeee,, tnyata orang2 eijkman gaul2 juga yak, tiap hari kemis sore ada latian futsal bareng, lapangan rumput sintetis lagi!! manstabzz

hihi, pertama kali naik, langsung kram kaki awa, udah lama banget ga pegang bola soalna, pegang bola biasanya bola pingpong, ato bola2 daging bistik n bakso, heuheu

yaah, mengeluarkan segenap keringat, darah, air mata, dan doa,, ini ni yang awa demen, ga cuma otak n ilmu penelitian ajah aja diasah, tapi jasadiyah juga dijaga.. selain itu silaturahim antarpejantan tangguh eijkman jadi terus terjaga n terikat kuat..

heu,, Bantai Minggu Depan !!!

Desain Primer tenyata Puyenk juga yak,,

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 19, 2009

heu, desain primer ternyata memunyengkan juga, tak semudah yang awa kira sebelumnya..

ada 60an sequence dari famili yang berbeda2 disejajarkan, n di cari primer universal nyah untuk barcoding dari conserved region ke semuanyah,,

hiyaaa,, yang cytochrome-b pada bervariasi semua, ga nemu awa conserved regionnya..

knapa bisa gitu????

karena cytochrome-b adalah protein yang merupakan produk dari translasi, adanya wobble nucleotide pada nucleotida ke 3, ataupun ada mutasi transversi/transisi tidak mengubah struktur protein yang ada, sehingga tidak masalah tejadi mutasi tersebut, naah, dari mutasi itu kemudian yang diliat perbedaannya antarspesies untuk dliat bagaimana evolusinya..

tapiii,, desain primernya yang puyenk,, heuheu

Hiyaa,, IP awa JebLoG,, amPyuunn

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,, by paibiopai on June 17, 2009

bismillah,,

hiyaaaaaaa,,, heu, IP awa jebLog kalee semester nii,,

yup, alhamdulillah, masih di atas 3 lah,,

ummh,, jadi membingungkan sesuatu,, apa yak batasan dari rasa syukur itu dan rasa tidak puas?? apakah rasa tidak puas itu bukan merupakan suatu tindakan syukur? ato malah merupakan manifestasi tindakan syukur?? beda ga siy ga puas ma syukur ituw?

hmm, yang jelas awa tidak puas dengan apa yang saya dapat, karena awa juga tak puas dengan ikhtiar awa semester kmaren..

yang jelas pula awa bersyukur atas semua keadaan yang Allah berikan, pasti ada suatu hikmah di dalamnya yang bisa awa ambil dan awa evaluasi sluruhnya..

YopZ !! BANTAI SEMESTER DEPAN !! LUPAKAN SEMESTER KELAM INI !!

TA udah MenunGGu,, karya2 awa udah ditunggu,, Bangkit Masa Depan, Bangkit Indonesiakuh !!

Laa haula wa laa quwwata illa Billaah,,

Bismillah

DNA ada dalam ayat Quran??

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on June 17, 2009

bismillah..

fuihh, suatu saat awa pernah berpikir tentang suatu ayat dalam al-Qur’an yang sangat fenomenal, yang saking fenomenalnya ayat ini dulu pernah disuarakan oleh presiden Indonesia pertama, Ir.Soekarno (alumni ITB loh,,hihi) di kancah konferensi PBB di markasnya dulu, dan inti dari ayat ini menjadi satu tulisan yang dipampang di depan gerbang markasnya..

ayat yang manah ituh?

coba buka Q.S. ArRa’du: 11, dalam potongan ayatnya

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…”

Oke ayat ini tepat, bahwa kita kudu ngerubah keadaan yang ada pada diri kita dengan ikhtiar yang kita lakukan,, tapii.. keadaan awal apa yang Allah sudah berikan kepada kita? bagi seorang bayi? keadaan apakah itu? apa yang sudah Allah kasih ke seseorang yang baru ‘terbuat’ dari kontribusi kedua orang tuanya?

yah, bener, dari situ bisa kita tarik ide, kata orang apel ga akan jatuh jauh dari pohonnya, n anak ga akan jauh beda dengan orang tuanya,, karena apa? karena benih dari kedua orang tua kita, yang berupa DNA, itu terekombinasi di dalam sel-sel kita saat pertama kali terjadi amfimiksi (penggabungan nukleus jantan dan betina, red) awal.. HAsil rekombinasi DNA kedua orang tua kita itulah merupakan keadaan awal kita yang Allah berikan kepada kita..

Emank ada apa ajah di dalamnya? berbagai informasi ada di dalamnya

dari bagaimana ciri fisik kita, jenis kelamin kita ntarnya, ada sifat psikologis awal, penyakit2 bawaan genetik yang ada, bahkan kapasitas intelejensi kita bisa ada di situ..

yupz, itulah keadaan yang Allah berikan kepada kita, lanjut !! kita yang berkontribusi untuk mengubahnya, jangan didiemin aje, bikin suatu perubahan pada diri kita agar menjadi yang lebih baik lagi

heu, alhamdulillah, jadi bisa merasakan kebesaran Allah melalui ilmu-ilmuNYA sehingga memantapkan hati dan langkah awa di jalan ini..

eh bentar2

klo dari kuliah Biologi Perilaku yang awa dapet, faktor lingkungan sudah menjadi faktor yang paling utama dalam penentuan sifat dan perilaku dari si bocah,

jadi tips2 nya

kenali apa ajah sifat dasar yang kita miliki, ingat, kenali ! bukan dijadikan pembenaran bahwa kita memang seperti itu

trus setelah kita kenal apa yang kita miliki, set tujuan kita dan ubah semua sifat yang merugikan itu untuk dapat menunjang goal kita kedepannya untuk terus membawa transformasi lebih baik pada diri kita..

abis gitu, masuk ke lingkungan yang dapat menjadi faktor pendukung utama agar kita bisa dengan mudah mencapai goal kitah.. kata orang tu gimana orang bergantung ma lingkungannya.. kita bisa menilai orang dari lingkungannya, yaah, so so lah, meskipun ga tepat2 amat,, tapi ya gitu de.. heheu,,

sip lah,,

ubah diri anda mulai dari sekarang

transformasi tiada henti !!!

eh btw film transformer keluar kapan siy?

Review Artikel Jurnal Beres.. fiuuhh

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 16, 2009

heu, alhamdulillah

akhirnya beres juga ngereview setumpuk artikel2 tentang barcoding, beres pula awa memahami apa itu sebenarnya barcoding DNA

humm, subhanallah.. teknologi ini memang keren, mengungkap suatu ayat Allah tentang kuasanya di atas bumi ini dalam hal penciptaan semua makhlukNYA.. ga nyesel awa dapet proyek ini pas KP,

trus yang masih menjadi pertanyaan awa,,

knpa kok cuma dilihat persentase divergensi dan perbedaan nukleotidanya ajah yah? knapa ga dilihat dibalik adanya perbedaan itu, mungkin menerjemahkan sesuatu apaa gitu?

klo yang 12S rRNA mungkin udah bisa diliat bagaimana hubungan dengan struktur sekundernya, tapi klo yang CO1 ma cyt-b gmn?

ni masih di mtDNA..gmn ya klo kita udah bisa membarkode smua genom,  termasuk genom DNA nuklear..

kaya ditoko2 gitu, pas ada alatnya.. jadi kita ga perlu bawa KTP, udah bisa dideteksi secara otomatis di layar.. heuheu,,

yah, ini memang zamannya biologi.. ga salah pilih jurusan awa..

alhamdulillah

Fingerprint Pintu..

Posted in Uncategorized by paibiopai on June 16, 2009

Hiyaaa,,

sampe sekarang fingerprint buwat pintu2 k dalem blum diaktifin ma admin, padahal kmaren udah didaftarin n udah dipasangin di masing2 pintu..

heuheuheu

brarti awa masih kudu laporan k satpam dulu klo maw k toilet, heheu

hmm,, bener juga

satu hal yang berkenaan dengan barcode juga, yaitu fingerprint ini

salah satu perwujudan bahwa adanya perbedaan dari smua makhluk Allah yaitu ada pada sidik2 jari kita ini

dan setiap jari manusia memiliki ciri khas masing2 dan tidak ada yang menyamainya meskipun ia adalah sodara kembar,,

coba tu dipikir,

SUBHANALLAH pasti terucap, mengagumi kebesaran dan kekuasaan Allah

penduduk Indonesia ini sekitar 200juta jiwa lebih, itu baru indonesia, belum seluruh dunia yang mungkin mencapai puluhan milyar penduduk, yang berarti puluhan milyar sidik jari..

hoho,, subhanallah

gimana ya cara ngukir sidik jari segitu banyak n beda2 smua pula??

itulah kebesaran Allah

“Fabiayyi alaa irabbikumaa tukadziban..” Q.S. ArRahmaan

ya, nikmat mana lagi yang maw kita dustakan?! padahal Allah sudah menunjukkan seluruh kebesarannya di dhadapan qta,,

orang2 masih atheis?? berarti orang2 tersebut autis ! mm, atau memang Allah yang mengunci hati2 mereka, mengunci bashirah2 mereka? Naudzubillahimindzalik,,

ya, teruslah mengucap syukur, teruslah kita berkarya untuk terus menggali semua kebesaran Allah di langit dan di bumi ini..

‘Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah’
Surf it! Know it! Get it! Thank it!

Cinta,, Hati,, Rindu,,

Posted in Gado-Gado CampuR aduK,, by paibiopai on June 15, 2009

Wahai MAHA PENGASIH..
Jika sahabatku jatuh cinta,
Benihkan cintanya kepada seseorang yang melabuhkan cinta kepadaMU,
Agar bertambah kekuatannya untuk mencintaiMU..

Wahai MAHA PENYAYANG..
Jika sahabatku jatuh hati,
Izinkanlah dia menyentuh hati orang yang hatinya tertaut kepadaMU,
Agar sahabatku tidak jatuh dalam jurang cinta yang murah..

Wahai MAHA PEMURAH..
Jika sahabatku rindu,
Rindukanlah dia kepada seseorang yang merindui syahid di jalanMU,
Agar sahabatku lebih yakin dan taat kepadaMu..

Wahai MAHA PENGASIH..
Jagalah rindunya kepadaMU,
Agar sahabatku tidak lalai dalam merindui syurgaMU..

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

102_2866 copyDSC00953-2 copykembang
More Photos

Blogroll

Internet Tips Download