blog pai poenja

Bedanya ‘Sperma X’ dan ‘Sperma Y’ ?

Posted in Scholar Ideas by paibiopai on January 19, 2011

Istilah sperma berasal dari kata Yunani (σπέρμα)””sperma (yang berarti “benih”) dan mengacu pada sel-sel reproduksi pada gamet laki-laki. Dalam jenis reproduksi seksual yang dikenal sebagai anisogamy dan oogamy, terdapat perbedaan yang nyata dalam ukuran gamet dengan yang lebih kecil yang disebut sebagai “laki-laki” atau sel sperma.

Sel sperma manusia adalah haploid, sehingga 23 nya kromosom dapat bergabung dengan 23 kromosom telur perempuan untuk membentuk sel diploid. Sebuah sel sperma yang motil uniflagellar disebut sebagai sebuah spermatozoa. Sel-sel sperma tidak bisa membagi dan memiliki hidup yang terbatas, tetapi setelah fusi dengan sel telur saat fertilisasi, sebuah zigot totipoten terbentuk dengan potensi untuk berkembang menjadi organisme baru. Sel-sel sperma memberikan kontribusi setengah dari informasi genetik kepada keturunan diploid. Pada mamalia, jenis kelamin anak ditentukan oleh sel sperma: spermatozoa yang membawa kromosom Y akan menghasilkan keturunan (XY) laki-laki, sementara spermatozoa dengan kromosom X akan menghasilkan keturunan (XX) perempuan (ovum selalu memberikan kromosom X).

Nah bagaimana cara membedakan sperma dengan kromosom X dan sperma dengan kromosom Y ?

Saat sekali ejakulasi, pria dapat mengeluarkan kurang lebih 200 juta sel sperma, dan secara kontinu, sel gametogonium laki-laki menghasilkan 100juta sel sperma setiap jamnya. Sperma X dan Y dapat dibedakan berdasarkan perbedaan bentuk dan ukuran, variasi ukuran kromosom Y, kemampuan bergerak, serta umur sel, dan juga elektrisitas dan sifat kimiawinya. Namun yang akan dibahas kali ini adalah dalam beda bentuk ukuran, kemampuan bergerak, dan umur sel.

Sperma Y (pria) bergerak lebih cepat, ukurannya relatif lebih kecil, namun umurnya lebih pendek. Sebaliknya, sperma X lebih kurang 3% lebih gemuk, bentuknya lebih bulat, dengan bentuk dan ukuran yang demikian, sperma X bergerak lebih lambat. Namun mereka memiliki daya tahan hidup yang lebih lama. Sperma Y dapat bertahan hidup di dalam saluran reproduksi wanita selama 12 hingga 24 jam, sedangkan sperma X sanggup bertahan hingga 2 hari.

Memang jumlah gen dan kromosom kedua jenis sperma adalah sama, namun ternyata ukuran sperma tidak hanya ditentukan oleh kandungan kromosom (DNA), tapi juga berkaitan dengan kandungan dan struktur sitoplasmanya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa panjang, lebar, perimeter, dan luas permukaan kepala, demikian juga panjang leher dan ekor sperma X lebih besar dibanding sperma Y.

Tapi ketentuan jenis kelamin keturunan manusia ini bersifat acak dan tidak dapat ditentukan sesuai keinginan orangtuanya. Lain halnya dengan penyu, yang dapat menghasilkan keturunan jantan atau betina, bergantung pada suhu saat inkubasinya.

 

sumber:

1. artikel penelitian di FK Unhas

2. bahan kuliah gametogenesis, biologi perkembangan

About these ads

15 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. arindaap said, on January 23, 2011 at 9:09 pm

    akhirnya diupdate juga pai blogmu
    klo hamil anggur gmn pai? katanya itu terjadi klo si informasi genetik sperma g sempurna masuknya ke ovum, nah, kenapa tu?

    • paibiopai said, on January 25, 2011 at 1:24 pm

      hehe, iya ni, baru terinspirasi untuk mengapdet
      nah, beda lagi klo hamil anggur, belom lagi hamil nangka ato hamil nanas (serem,hheu)
      klo hamil anggur tu, biasany abnormal pada kromosomnya.. bukan genetik sperma ga sempurna masuknya, malah sempurna,, jadi gini, kan klo sel gonad (sperma n ovum) tu kromosomnya berjumlah setengah dari set total kromosom tubuh kita (klo inget pelajaran meiosis pas SMA dulu), nah, klo hamil anggur tu, sel sperma nya jumlah kromosomnya ga setengah (haploid), tapi 1 (diploid), sama seperti tubuh kita. bahkan ada ovum yang dibuahi oleh 2 sperma yang diploid.. jadi setnya di embrionya tu tetraploid.. naah, ini ntar pas pembelahan awal (fase morula) dia terus menerus membesar dan membelah tanpa adanya pembentukan jaringan tubuh.. bahkan bisa jadi kanker

      hmmm, coba saya tulis aja kali ya di blog ini untuk postingan berikutnya.. ditungguu yaa.. :)

      • arindaap said, on January 26, 2011 at 7:35 am

        hooo.. ya ya ya…
        nah itu pai, sebab spermanya diploid masuknya atau malah jadi tetraploid tuh karena faktor apa? internal atau eksternal? genetis atau selain itu?
        benarkah salah satunya karena dulunya terlalu banyak makan MSG?
        ok pai! tak tunggu tulisanmu!

      • paibiopai said, on January 26, 2011 at 5:21 pm

        (lagi males apdet tulisan di blog, hheu)

        itu karena genetis siy biasanya, dari sekian ratus juta sperma yang dihasilkan, biasanya ada beberapa yang abnormal, seperti ekor spermanya mbulet, kepalanya bercabang, jalannya muter2 ga lurus, ekornya bercabang, dll. naah, itu biasanya manifestasi dari abnormalitas itu, tapi ada juga yang terlihat normal tapi diploid.

        klo msg, kurang tau jelasnya bagaimana etiologinya, tapi denger2, kebanyakan msg jadi idiot, bener ga siy? (jadi ga jelas)
        tapi engga kok, mitos msg mah.. semuanya klo berlebihan pasti berbahaya, minum air putih klo berlebihan kan bisa kembung juga, hehe

    • Anggi Saptiwi said, on May 3, 2012 at 8:36 am

      menurut buku ilmu kandungan hamil anggur hydatidiform mole terjadi karena ovum yang dihasilkan saat ovulasi tidak mempunyai nukleus (inti sel) sehingga saat terjadi fertilisasi nukleus yang harusnya berkembang menjadi embrio justru tidak ada, sehingga trofoblast menjadi berkembang pesat dan menghasilkan bentuk mirip anggur.

  2. Nanta said, on January 20, 2011 at 2:44 pm

    apa hubungan lifespam sperma dengan anak yang didapat? soalnya kan setauku jg dulu2an.. dan jalannya sperma menuju ovum untuk pembuahan kurang dari lifespamnya mereka kan?

    • pai said, on January 20, 2011 at 2:54 pm

      widiih,, mantab kali kau bro.. betul betul tu..
      btw correct dikit niy, yg btul lifespan –> bukan lifespam.. hhe,,

      • Nanta said, on January 21, 2011 at 12:06 pm

        oh iya lifespan ya.. hahaha.. oh jadi sebenarnya nggak ngefek ya si lifespannya sperma.. yang penting dulu2an dan tercepat.. klo dilihat dari kecepatan berarti memang wajar kalau laki2 di dunia lebih banyak dari perempuan.. karena laki2 lebih cepat spermanya.. hum hum..

      • paibiopai said, on January 21, 2011 at 1:28 pm

        anda bennaarr !! kelihatannya rasionya ntar bakalan 4:1 .. kan maksimal boleh menikahi 4.. hhe

      • Nanta said, on January 22, 2011 at 2:04 am

        loh.. bukannya laki2 yg makin banyak ya? kan cepetan sperma laki-laki?

      • pai said, on January 22, 2011 at 8:58 am

        iye, maksud aye, yang 4 banding 1 tu banyakan lakinye boy

      • Nanta said, on January 22, 2011 at 3:10 pm

        HOAX!

      • Nanta said, on January 22, 2011 at 3:23 pm

        eh ga jadi HOAX deng.. emang bener tu, salah satu bentuk kekuasaanNya.. jadi segala kelumitan penciptaan manusia, emang bener2 kita dilahirkan sebagai bentuk yang sempurna, karena bibit yang terbaik dari 200 juta sel lainnya yang ikut berkompetisi, hanya 1 yang terbaik yang dapat mempenetrasi ovum..

  3. panji prabowo said, on January 20, 2011 at 8:48 am

    oh gitu toh..jadi klo berdasarkan waktu hidupnya si sperma x dan y, lebih mungkin punya anak cewe ya, karena sperma x lebih lama (sperma x untuk kromosom xx-perempuankan?)

    ga ada mekanismenya ya pai, misalnya mau punya anak cowo dulu gitu??

    • paibiopai said, on January 20, 2011 at 8:53 am

      hehe, belum tentu bro.. kan spermatozoa yang ada itu berkompetisi, jadi yang duluan bisa sampe ke ovum dan penetrasi ke dalam selnya, maka itulah yang dluan.. kan sperma Y lebih cepat geraknya.. benernya klo liat mekanisme secara lengkapnya, dikau bakal bener2 kagum ma ciptaan Allah satu ini.. hehe

      nah, ada siy, klo pengen anak cowok dulu gitu, caranya.. BERDOA !! ahaahahay


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

status YM si saiyah

Komentar Man-Teman

Emmett on What happen after death ? -pat…
yanto on pohon cabe tumbuh ga pake tana…
Ahmad Akbar on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
itz'chal was here on Cerita Jawa: JaKa TingkiR
pulsa on postingan pertama

Archives

My Photographs on Flickr

kembang

DSC00953-2 copy

102_2866 copy

More Photos

Blogroll

Internet Tips Download
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: